Pemakaian Obat yang Baik

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan untuk menghindari kemungkinan adanya penyakit baru, berikut adalah cara pemakaian obat yang baik.


  1. Minumlah obat sesuai anjuran, pada waktu yang tepat dan sesuai jangka waktu pengobatan yang telah ditentukan. Penggunaan obat tanpa petunjuk langsung dari dokter hanya boleh untuk penggunaan obat bebas dan obat bebas terbatas serta keadaaan atau masalah kesehatan yang ringan. Jika anda menggunakan obat bebas atau bebas terbatas, ikutilah aturan yang tercantum pada kemasan kecuali disarankan lain oleh tenaga kesehatan.
  2. Penggunaan obat bebas atau obat bebas terbatas tersebut tidak dimaksudkan untuk penggunaan secara terus menerus.
  3. Jika anda merasa obat yang digunakan tidak memberikan manfaat atau menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan hubungi segera tenaga kesehatan terdekat.
  4. Berbagai jenis obat-obat jangan dicampur dalam satu wadah.
  5. Etiket pada wadah obat jangan dibuang karena pada etiket tersebut tertera cara penggunaan dan informasi penggunaan obat yang penting.
  6. Untuk menghindari kesalahan, jangan meminum obat ditempat gelap. Bacalah cara pemakaian sebelum meminum obat juga tanggal kadaluarsanya.
Jika kita terpaksa makan obat dari warung, perhatikan hal-hal berikut :

  1. Jika kita mengkonsumsi obat warung selama 3 hari berturut-turut tidak ada perubahan maka lebih baik dihentikan dan berobat ke dokter.
  2. Jika dalam jangka waktu 3 hari ada perubahan maka lanjutkan hingga sakitnya terasa benar-benar sembuh tetapi dalam jangka waktu 1 minggu.
  3. Tidak boleh mengkonsumsi obat warungdalam jangka bertahun-tahun, akan menimbulkan ketergantungan.
Semoga bermanfaat.

1 komentar: